Tempat Konsultasi SOP Perpajakan di Kuta Bali

Posting by Admin

Tempat Konsultasi SOP Perpajakan di Kuta Bali 3 Tanda Anda Harus Memperbaiki SOP Perusahaan bisnis Menggunakan Sistem adalah bisnis yang tumbuh dan memberikan profit, meskipun tanpa hadirnya Anda di dalamnya. yang bisnis Anda merupakan Sistem yg bernama SOP. SOP (Standard Operating Procedure) merupakan panduan praktis yang berisi petunjuk pelaksanaan kerja yg efektif dan efisien sebagai Standarisasi Kinerja Perusahaan. kejadian yang terkadang terjadi,



40 Kali
CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 21-12-2020 11:39:20

Di era globalisasi sekarang ini, perusahaan perlu memiliki prosedur operasi standar atau yang dikenal dengan SOP. Ini karena SOP berperan penting. Dengan kata lain, berfungsi sebagai pedoman untuk alur proses bisnis perusahaan. Dari pengalaman di bidang ini, ada beberapa tanda bahwa perusahaan perlu memperbaiki SOP yang ada. Berikut ringkasan artikel tentang tiga tanda bahwa SOP perusahaan perlu diperbaiki.

Jika perusahaan tidak memiliki SOP, pekerjaan karyawan menjadi tidak sesuai dan tidak praktis. Bagaimana dengan perusahaan yang sudah lama menerapkan SOP dan masih sering melakukan kesalahan? Tentunya diperlukan evaluasi secara berkala untuk memastikan kepatuhan SOP agar SOP tersebut dapat diimplementasikan secara optimal. Berikut tiga tanda bahwa SOP perusahaan Anda perlu diperbarui

1 Sering terjadi perbedaan uang tunai

Perusahaan tidak peduli dengan perbedaan kas, karena pemegang kaslah yang harus bertanggung jawab. Tapi boleh dibilang, Anda tidak terpaku pada jumlah kecil yang terjadi dan mengeksplorasi penyebab perbedaan uang tunai lebih dalam.

Uang tunai dimulai dari tagihan listrik dan PDAM, pembayaran telepon dan internet, dan terkait erat dengan pekerjaan yang dibutuhkan peralatan kantor untuk mencairkan tagihan karyawan yang melakukan perjalanan bisnis. Anda perlu mewaspadai bagaimana penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Periksa sistem pembayaran tunai yang memberikan persetujuan, batasan yang perlu dikeluarkan, dan bukti sebagai alternatif untuk mencairkan. Semuanya perlu diperhatikan lebih detail dan akurat.

Bagaimana pencatatan dilakukan dan apakah mengikuti prinsip akuntansi yang dapat dipertanggungjawabkan? Kalaupun diketahui selisihnya karena SOP tidak mampu menangani transaksi, kerugian yang diderita perusahaan bisa lebih besar daripada selisih kas.

2 Sering salah kirim barang, kirim atau jangan kirim

Sebagai layanan tambahan, banyak perusahaan menawarkan jasa pengiriman baik di dalam maupun luar kota, namun hanya sedikit yang menawarkan biaya tambahan karena pelanggannya berada di luar daerah. Namun bagaimana jika bisnis perusahaan menjadi bumerang dan pelanggan tiba-tiba mengeluh karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang mereka pesan?

Nah, jika ini sering terjadi, ada sesuatu yang hilang antara bagian gudang, pengiriman dan penjualan. Semakin tinggi kekuatan transmisi, semakin tinggi risiko transmisi palsu dan semakin rumit masalahnya. Pertanyaannya adalah apakah proses tersebut tercakup dalam SOP yang ada. Pengiriman produk meliputi SOP penjualan, SOP pengiriman, dan SOP penyimpanan gudang. Ketika sebuah produk dimuat, itu membutuhkan pengawasan langsung, seseorang memeriksanya, dan seseorang menyetujuinya. Pastikan semua proses ada dan buat penilaian bulanan.

3 Celah stok sering terjadi

Inventaris menyeluruh diperlukan untuk mengetahui apakah inventaris perusahaan berbeda. Akuisisi saham bisa dilakukan seminggu sekali, sebulan sekali, atau enam bulan sekali, tergantung kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, jika sering terjadi perbedaan persediaan, perhatikan SOP yang ada di gudang agar tidak bisa menangani pekerjaan di gudang tersebut.

SOP penerimaan, produksi dan pengiriman barang termasuk gudang. Jika ada perbedaan pasti ada yang salah dengan SOPnya. Entah salah saat Anda menerima barang, ceroboh dalam produksi, atau ceroboh saat Anda mengirimkan barang. Segera perbarui SOP gudang Anda untuk mencegah perbedaan lebih lanjut.

Dari tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem prosedur operasional (SOP) perlu dievaluasi secara berkala. Ini karena seiring pertumbuhan perusahaan, masalah yang dihadapinya menjadi lebih kompleks. Beberapa perusahaan juga memiliki tim sendiri untuk mengevaluasi apakah SOP yang diterapkan sudah benar dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Oleh karena itu, yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengantisipasi permasalahan SOP tersebut adalah membentuk tim untuk mengevaluasi kesesuaian SOP, mengevaluasi SOP, dan menyewa jasa konsultan SOP. Jika Anda masih ragu dengan artikel di atas dan ingin mengajukan pertanyaan tentang SOP, klik tombol di bawah untuk melihat informasi tentang SOP dan pesan sesi konsultasi gratis dengan tim Anda.